Kamis, 24 April 2014

TIPS Memotret dengan Kamera Handphone

Dengan perkembangan teknologi digital yang semakin canggih, saat ini tidak kesulitan lagi untuk menghasilkan sebuah foto digital dengan alat yang paling sederhana sekalipun, yaitu dengan mempergunakan kamera digital yang terintegrasi dalam sebuah handphone.
Saya tidak akan membahas HP dengan fasilitas kamera yang sudah mempunyai resolusi yang sangat baik bahkan sudah menyamai kamera digital, tapi disini saya akan berikan tips bagi yang masih mempertahankan mempergunakan handphone kamera dengan resolusi masih seadanya, yaitu biasanya cuma 1.3 MP atau bahkan VGA.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah:
1. Setting pengaturan gambar pada fitur kamera di handphone
Pakailah setting gambar dengan resolusi tertinggi dan ukuran gambar paling besar. Resikonya: memakan memori agak besar, tapi hasil foto optimal.
2. Perhatikan Cahaya
Harus sangat cukup cahaya, jangan terlalu terik/terang atau jangan terlalu redup. Paling bagus siang hari dengan pencahayaan alami dari sinar matahari. Jangan motret malam hari!
3. Posisi kamera saat pemotretan
Cari posisi kamera yang betul-betul tepat dan dirasa gambar terlihat terang dan tajam, dengan melihat gambar yang muncul di layar kamera.
4. Sedikit 'SENSE OF ART'
Ini menyangkut kompoisisi gambar, angel foto, dsb yang berhubungan dengan yang nyeni-nyeni. Hal ini biasanya bakat alami atau sebuah talenta dari Yang Maha Kuasa. Jadi sulit untuk diajarkan kepada siapapun juga he he he.

Berikut beberapa contoh pengambilan gambar pakai kamera handphone dengan resolusi 'SEADANYA'. Cukup menarik bukan? Selamat mencoba!