Rabu, 13 Maret 2013

Naik Kereta Ekonomi Tawang Jaya Jurusan Senen - Semarang Poncol

Bagi teman-teman yang tinggal di Depok dan ingin pulang ke Semarang dan sekitarnya tak ada salahnya untuk mencoba angkutan umum yang murah meriah yaitu naik kereta ekonomi jurusan Senen - Semarang Poncol yaitu Kereta Ekonomi Tawang Jaya.
Pemesanan tiket online (istilahnya Booking Tiket) bisa dilakukan sejak minus 90 hari keberangkatan lewat Indomaret disamping rumah anda.
Pada saat ‘booking’ jangan lupa bawa KTP asli atau fotokopi atau minimal catatan nomer KTP, karena saat booking dibutuhkan informasi yng berisi Nama (sesuai KTP), no. KTP, dan nomer handphone. Sudah itu saja cukup, kalau mau pesen buat anak-anak bawa copy Kartu Keluarga juga boleh (untuk memasukkan no identitas). Pada saat booking nanti akan mendapatkan selebaran kertas booking (seperti struk belanja) yag berisi informasi no. booking, nomer kereta plus nomer bangku. Satu struk booking maksimal berisi 4 nama penumpang, Harga tiket Rp.33.500,- biaya booking Rp.7500,- per sekali booking. Jika anda berempat cukup bayar Rp.33.500,- kali empat plus Rp.7500,-.  Kelemahan pesan online lewat Indomaret adalah kita tidak bisa menentukan nomer bangku sesuai keinginan, karena system menentukan nomer kereta dan nomer bangku secara acak, maka jangan heran kalau pesan untuk satu keluarga nanti tempat duduk bisa pisah-pisah ga karuan. Ini biasanya diatasi dengan nego saling pengertian tukar bangku antar penumpang, itupun kalau ketemu penumpang yang hatinya ‘legowo’. Dari hasil pengalaman sih 85% penumpang saling legowo, sisanya ya bertahan di nomer tempat duduk sesuai pesanannya. Mungkin alasannya bawa bawaan tas besar yang susah untuk dipindah-pindah ataupun ‘males’ mindahnya.
Kertas booking JANGAN SAMPAI HILANG!  Karena kertas itulah yang nanti kita tukar dengan tiket asli saat keberangkatan. Penukaran dengan tiket asli paling lambat 1 jam menjelang keberangkatan.
Kereta Tawang Jaya Senen- Semarang Poncol berangkat dari Stasiun Senen jam 21.40 WIB. Bagi orang Depok lebih mudah naik KRL dulu nanti turun Cikini, terus naik Metromini nomer 17 jurusan Senen, bis ini mangkal di pinggiran Stasiun Cikini. Kalau mau ekonomis naik kereta balik KRL ekonomi jam 5 sore, berangkat Stasiun Depok Lama (ongkos Rp. 1500,-). Sudah murah, kosong pula. Lumayan dibanding naik Comuter Rp.8000,- . Ongkos Metromini Rp.2000,-
Sesampai Stasiun tukarkan Struk Booking dari Indomaret ke tempat penukaran Tiket Kereta Asli. Tiket Asli akan diberikan per nama penumpang yang dipesan. Jadi jika satu lembar struk booking berisi 4 nama, maka akan mendapatkan Tiket Asli 4 lembar. Pada saat penukaran ini tidak diperlukan KTP, langsung berikan struk saja dan anda mendapatkan Tiket Aslinya.
Pada saat memasuki Peron Stasiun di pintu masuk anda harus menunjukkan tiket plus KTP ASLI atau SIM ASLI (kalau KTP ketinggalan) untuk dicocokkan dengan nama di Tiket baru bisa masuk. Jadi JANGAN LUPA BAWA KTP!
Setelah masuk Peron silahkan tunggu kereta tiba jam 21.40 WIB, biasanya sih tidak telat.
Tempat duduk di dalam kereta terdiri dari dua sisi berisi dua bangku dan tiga bangku. Terasa kurang nyaman untuk perjalanan jauh karena bangku dengan sandaran mati yang tidak bisa direbahkan, kalau mau rebahan ya ‘ngglongsor’ dibawah bangku yang cukup sempit. Kaki masuk bawah bangku, badan tidak bisa miring karena bangku terlalu pendek, jadi harus terlentang terus! :)

Perjalanan normal kereta akan masuk Semarang Poncol Pukul 06.30 pagi!
Semoga info ini bermanfaat! Semoga kereta api masih ‘kepikiran’ untuk meningkatkan kenyamanan penumpangnya sekalipun kelas “EKONOMI”, mulai  dari perbaikan system booking online, sampai redesain ulang tempat duduk di gerbong-gerbongnya, sehingga orang tidak dipaksa duduk berjam-jam, tidurpun sambil duduk … :)